2/05/2015
0
PERBANYAKAN TANAMAN SIRSAK



Dalam rangka pengembangan sirsak, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah penyediaan benih sirsak bermutu dalam jumlah cukup, waktu singkat dengan harga memadai. Produksi benih sirsak dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu perbanyakan dengan biji, dengan sambung pucuk dan dengan okulasi.


1.     PERBANYAKAN GENERATIF (Melalui Biji)

Tanaman sirsak dapat diperbanyak dengan biji dari buah yang terpilih dan cukup tua akan menghasilkan tanaman dengan cukup banyak dalam waktu yang singkat. Benih yang berasal dari biji dinilai baik karena memiliki akar tunjang sehingga cukup kuat, namun akan mengalami penyimpangan sifat dari pohon induknya. Syarat pohon induk yang akan diambil buahnya antara lain produktif, berasal dari varietas unggul, memiliki pertumbuhan yang sehat dan minimal berumur lebih dari tiga tahun serta bebas dari hama dan penyakit. Cara penanganan penyemaian biji sirsak sebagai berikut :

v Buah sirsak yang dipetik dari pohon induk dipilih yang besar, sehat dan kualitas bagus dibelah kemudian diambil bijinya. Kemudian biji dipisahkan dari daging buahnya dicuci bersih dengan air. Biji yang sudah bersih kemudian dikering-anginkan,

v Penyemaian biji dapat dilakukan dengan dua cara yaitu disemai dalam persemaian kemudian dipindah ke polybag dan cara kedua langsung disemai kedalam polybag,

v Untuk tempat persemaian dapat digunakan kotak plastik yang diisi media campuran tanah, pasir dan pupuk kandang (1:1:1). Biji sirsak disemai dengan jarak rapat dengan kedalaman semai 1-1,5 cm, kemudian ditutup dengan media semai. Kelembaban tanah dijaga jangan sampai kering atau tergenang,

v Setelah benih berdaun 4-5 helai (berumur 5-6 minggu) benih segera dipindah tanam kedalam polybag yang berisi media campuran tanah dan pupuk kandang (2:1). Benih ditanam satu batang tiap polybag,

v Polybag yang sudah ditanami benih sirsak disusun berjajar dan diberi naungan yang tidak terlalu rapat. Perawatan benih meliputi penyiraman, pemupukan serta pengendalian hama dan penyakit. Penyiraman dilakukan 2 hari sekali terutama bila tidak turun hujan. Perkiraan dosis pemupupukan dilakukan setiap 15 hari berupa larutan pupuk NPK sebanyak 10-20g/10 liter air, disiramkan 100 cc/polybag. Setelah berumur 3-4 bulan di persemaian bibit dapat ditanam di lapang (kebun).


2.    PERBANYAKAN VEGETATIF

a.    Persiapan batang bawah
Untuk perbanyakan cara vegetatip diperlukan batang bawah dari biji yang berasal dari buah varietas unggul pohon sirsak yang mempunyai keunggulan sifat-sifat tertentu seperti tahan terhadap penyakit layu Fusarium. Perlakuan biji hingga siap untuk perbanyakan vegetatip sama seperti yang dilakukan pada perbanyakan melalui biji.

b.    Persiapan entris
Batang atas (entris) yang akan digunakan untuk sambung pucuk harus berasal dari tunas pucuk yang sehat, normal dan berdiameter sama atau sedikit lebih kecil dari pada diameter batang bawah. Pengambilan entris di lakukan dengan cara memotong tunas pucuk sepanjang 5 cm (3 ruas) dengan gunting pangkas yang tajam dan bersih. Pengambilan entris dilakukan pada saat entris cukup kering (tidak basah), karena air yang ada pada permukaan entris dapat memudahkan hadirnya patogen yang dapat mempengaruhi keberhasilan penyambungan. Kriteria entris yang baik adalah sehat dan tidak cacat (tidak terserang hama & penyakit), segar, mentik (mata tunas sedikit menonjol), tidak dalam keadaan dorman dan dan mudah dikupas.

c.     Perbanyakan melalui sambungan
Penyambungan benih sirsak umumnya lebih mudah dan lebih berhasil dilakukan dengan teknik sambung pucuk. Batang bawah yang telah mencapai kondisi siap sambung (umur 4 bulan, berdaun 6-8 helai), pada ketinggian  30 cm di bagian tanaman arah ke pucuk dipotong kemudian dibelah dengan pisau okulasi yang tajam dan bersih. Daun yang tersisa pada batang bawah harus tetap dipertahankan, selanjutnya entris yang telah disiapkan diambil dan dasar entris disayat kedua sisinya menipis ke arah bawah, kemudian kedua luka sayatan tersebut (batang bawah dan entris) dilekatkan dan dibalut dengan irisan plastik. Pada saat penyisipan harus dipastikan kambium entris bersatu dan menempel dengan kambium batang bawah. Setelah itu dilakukan penyungkupan entris dengan kantong plastik transparan untuk menjaga agar kelembaban tetap tinggi dan mengurangi penguapan dari entris. Penyungkupan dengan kantong plastik ini harus dilakukan sampai pada bagian sambungan/ikatan sambungan (Gambar 2). Tanaman sambungan ini selanjutnya ditempatkan di tempat yang ternaungi (dalam rumah benih) dan dipeliharan secara optimal dengan melakukan penyiraman secukupnya dan penyiangan. Penempatan benih ini dilakukan secara teratur dan berkelompok seperti benih dari biji. Sungkup plastik dilepas apabila mata tunas pada entris telah pecah, sedangkan tali pengikat sambungan tetap dibiarkan sampai bibit siap ditanam.


3.     PERBANYAKAN MELALUI OKULASI

Persiapan batang bawah dan entris sama dengan perlakuan pada peranyakan sambung pucuk, bedanya terletak pada pengambilan mata untuk okulasi. Kalau pada okulasi mata tunas yang diambil hanya satu kemudian dilakukan penempelan. Pelaksanaan okulasi diawali dengan menyayat bagian kulit batang bawah kemudian dilakukan penempelan dengan entris, di mana ukuran sayatan dan entris diusahakan sesama mungkin. Mata tempel (entris) yang telah dilekatkan pada batang bawah kemudian diikat sebagaimana perlakuan pada sambung pucuk. Keuntungan sistem okulasi adalah penghematan entris, sehingga tidak merusak postur dari pada pohon induk.


4.    PEMELIHARAAN BENIH SAMBUNGAN DAN OKULASI


Pemeliharaan benih tanaman sambungan dan okulasi meliputi penyiraman, penyiangan dan pemupukan dengan pupuk NPK dosis 1-3 g/benih yang dilakukan 2 minggu sekali. Pengendalian hama/penyakit sesuai dengan kebutuhan. Benih sambung pucuk dan okulasi ini siap tanam setelah berumur + 3 bulan setelah sambung.


Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar